YAYASAN ABDI MASYARAKAT KORPRI KOTA SEMARANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS PANDANARAN SEMARANG
PROGRAM DIPLOMA III (D3) ILMU ADMINISTRASI NIAGA
Penerimaan Mahasiswa Baru tahun Akademik 2013 / 2014 Periode Maret 2014
MISI JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA
Pada era global dan kondisi pasca krisis yang sedang berlangsung saat ini, persaingan antar manusia untuk meningkatkan profesionalitas sudah tidak dapat dihindari lagi. Seleksi alamiah akan menggusur SDM yang tisak memiliki kompetensi, keunggulan skill profesionalitas dibidangnya.
Pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini yang jauh dari menggembirakan menciptakan kondisi yang seakan-akan stagnan di berbagai peluang bisnis. Pasaran tenaga kerja semakin terbatas sehingga sangat menyulitkan pencari kerja. Sementara kultur yang sudah melekat dalam mayarakat menyebabkan angkatan kerja terpola menjadi pekerja.
Merupakan salah satu tanggung jawab kita bersama untuk mampu mencarikan solusi dalam rangka menciptakan SDM yang dapat mengantisipasi fenomena yang cepat berubah. Kondisi ini menuntut setiap angkatan kerja untuk mempersiapkan diri dalam rangka memenangkan persaingan. Alternatif lain adalah menumbuhkan jiwa entrepreneur yang dapat dimulai dengan menyiapkan SDM yang handal di bidang komunikasi. Melalui penguasaan pengetahuan praktis dibidang komunikasi diharapkan mampu menghasilkan SDM yang antisipatif terhadap tuntutan perkembangan teknologi komunikasi, atau yang tertarik menjadi entrepreneur yang tangguh ditengah-tengah kondisi ynagkurang kondusif.
FASILITAS BELAJAR DI KAMPUS UNPAND
Materi kuliah yang diberikan diarahkan pada pertimbangan antara teori dan penguasaan praktis. guna menunjang hal tersebut tersedia beberapa fasilitas penunjang, seperti media pendidikanj yang cukup canggih, Hotspot Area dan juga laboratorium untuk kepentingan praktikum. Untuk Jurusan Administrasi Niaga diselenggarakan beberapa praktikum, seperti:
- Praktek Komputer Administrasi Perkantoran / Office
- Praktek Komputer Akuntansi
- Praktek Bisnis
Disamping itu pada akhir semester diselenggarakan kerja prakte, dengan cara menempatkan mahasiswa untuk magang kerja di lembaga / perusahaan yang bekerja sama Universitas Pandanaran.
Perpustakaan milik Universitas Pandanaran juga menyediakan berbagai modul belajar, bahan bacaan / buku-buku yang diperlukan sebagai bacaan wajib maupun penunjang setiap mata kuliah di jurusan Administrasi Niaga.
PROSPEK PEKERJAAN / PROFESI
Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman menyelesaikan pendidikan program D-III Administrasi Niaga, di harapkan para alumni akan mampu berkiprah pada posisiyang membutuhkan managerial skill tingkat menengah, antara lain:
- Industri : Manufactur, Agro Industri dll
- Jasa : Perbankan, Lembaga Keuangan, Non bank, Konstruksi dll
- Perdagangan : Dalam Negeri / Eksport - Import
Tidak tertutup pula kemungkinan alumnus menekuni bidang wisrausaha, karena materi yang didapat selama kuliah sangat memungkinkan digunakan sebagai bekal menerjuni Usaha Wirausaha di segala bidang
KURIKULUM
Kurikulum Jurusan Administrasi Niaga disusun memberikan deskripsi tentang pokok bahasan yang diambil dari aspek legalitas dan administrasi pendidikan dimaksudkan agar dapat memberikan kejelasan mengenai sistem pendidikan yang diberlakukan.
Pada kurikulum Program D-III Administrasi Niaga, mata kuliah dikelompokkan ke dalam mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), mata kuliah Prilaku Berkarya (MPB), Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MKBB). Disamping itu juga terdapat tugas akhir (TA).
Sedangkan Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus diselesaikan program D-III ini sebanya 110 SKS.
TENAGA PENGAJAR
Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, Jurusan Ilmu Administrasi Niaga yang bernaung dibawah Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik, dikelola oleh sejumlah dosen tetap Yayasan serta dosen luar biasa (dari UNDIP dan Praktisi / Pelaku Bisnis dari Institusi lain) dan di dukung oleh tenaga administrasi akademis yang profesional.
Adapun kualifikasi pendidikan formal dari tenaga pengajar Jurusan Administrasi Niaga Meliputi S2.
Tenaga pengajar Jurusan Administrasi Niaga secara berkala selalu dikirim mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah baik yang diselenggarakan oleh lingkungan Perguruan Tinggi maupun oleh lembaga praktis. hal ini dimaksudkan agar wawasan dan cakrawala pandang tenaga pengajar selalu terasah sehingga mampu memberikan transfer pengetahuan yang aktual dibidangnya masing-masing kepada para mahasiswa.
PROSPEK PEKERJAAN / PROFESI
Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman menyelesaikan pendidikan program D-III Administrasi Niaga, di harapkan para alumni akan mampu berkiprah pada posisiyang membutuhkan managerial skill tingkat menengah, antara lain:
- Industri : Manufactur, Agro Industri dll
- Jasa : Perbankan, Lembaga Keuangan, Non bank, Konstruksi dll
- Perdagangan : Dalam Negeri / Eksport - Import
Tidak tertutup pula kemungkinan alumnus menekuni bidang wisrausaha, karena materi yang didapat selama kuliah sangat memungkinkan digunakan sebagai bekal menerjuni Usaha Wirausaha di segala bidang
KURIKULUM
Kurikulum Jurusan Administrasi Niaga disusun memberikan deskripsi tentang pokok bahasan yang diambil dari aspek legalitas dan administrasi pendidikan dimaksudkan agar dapat memberikan kejelasan mengenai sistem pendidikan yang diberlakukan.
Pada kurikulum Program D-III Administrasi Niaga, mata kuliah dikelompokkan ke dalam mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), mata kuliah Prilaku Berkarya (MPB), Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MKBB). Disamping itu juga terdapat tugas akhir (TA).
Sedangkan Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus diselesaikan program D-III ini sebanya 110 SKS.
TENAGA PENGAJAR
Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, Jurusan Ilmu Administrasi Niaga yang bernaung dibawah Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik, dikelola oleh sejumlah dosen tetap Yayasan serta dosen luar biasa (dari UNDIP dan Praktisi / Pelaku Bisnis dari Institusi lain) dan di dukung oleh tenaga administrasi akademis yang profesional.
Adapun kualifikasi pendidikan formal dari tenaga pengajar Jurusan Administrasi Niaga Meliputi S2.
Tenaga pengajar Jurusan Administrasi Niaga secara berkala selalu dikirim mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah baik yang diselenggarakan oleh lingkungan Perguruan Tinggi maupun oleh lembaga praktis. hal ini dimaksudkan agar wawasan dan cakrawala pandang tenaga pengajar selalu terasah sehingga mampu memberikan transfer pengetahuan yang aktual dibidangnya masing-masing kepada para mahasiswa.
0 komentar:
Posting Komentar